19 Juni 2009


ARTI LAMBANG PASTRA


1. JAMBUL yang terdapat pada burung garuda yang berjumlah 3 melambangkan bahwasanya Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi Didirikan pada bulan Ke-3 yaitu bulan Maret.

2. SAYAP yang terdapat pada burung garuda yang berjumlah 11 melambangkan bahwasanya Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi didirikan pada tanggal 11.

3. BULU yang terdapat pada leher burung garuda yang berjumlah 26 melambangkan bahwasanya Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi didirikan pada tahun 2006.

4. BURUNG GARUDA adalah burung yang suci yang dijadikan lambang Negara Kesatuan Republik INDONESIA yang berarti lambang Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi mengacu pada lambang Negara dan di bawah naungan Negara.

5. Sesanti “PASTRA” adalah nama kesatuan PASKIBRA SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi.

6. PITA MERAH PUTIH di kiaskan sebagai pengikat tali persaudaraan Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mndiri Kota Bekasi.

7. GUCI di kiaskan sebagai tempat/wadah nya ilmu yang suci.

8. TERATAI
Teratai adalah tanaman yang dapat tumbuh di dua tempat, yaitu darat dan air. Maksudnya bahwa anggota Paskibrak itu harus siap dalam melaksanakan tugas diman saja. Mata Rantai
Terdiri dari lingkaran dan belah ketupat yang berarti persatuan, kebersamaan dan keluargaan. Belah ketupat bermakna anggota Paskibra putra yang berjumlah 16 dan lingkaran bermakna anggota Paskibra putri yang berjumlah 16, serta membentuk lingkaran yang menandakan arah mata angin. Maksudnya adalah bahwa anggota Paskibraka yang terdiri dari putra dan putri yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara dan saling bersatu. Bagian Teratai 3 buah kelopak bunga yang menjulang keatas dari kiri ke kanan, bermakna anggota Paskibra itu disiplin, aktif dan gembira. 3 buah kelopak bunga yang mendatar dari kiri kekanan, bermakna anggota Paskibra itu belajar berbakti dan bekerja. Tangkai bunga bermakna bahwa anggota Paskibra itu muncul dari ketidaktahuan menjadi tahu. Dan bagi Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi sendiri lambang ini kita kutip karena Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi juga di bawah naungan Paskibraka Kota Bekasi.

9. PADI DAN KAPAS

melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mnadiri Kota Bekasi dan seluruh Anggota yang selalu bekerjasama dalam mewujudkan kemakmuran Organisasi secara adil dan Bijaksana.

10. BENTENG melambangkan bahwasanya Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi memiliki kekuatan dan keteguhan dimana seluruh komponen anggotanya siap menghadapi berbagai bentuk rintangan dan teguh dalam memperjuangkan kejayaan dan kemakmuran

11. Sesanti “PASUKAN PENGIBAR BENDERA” melambangkan bahwa sebuah pasukan yang menjunjung tinggi tugas yang mulia yaitu mengibarkan bendera merah putih.

ARTI WARNA

MERAH melambangkan keberanian bahwasanya Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi Memiliki keberanian dalam membela kebenaran.

KUNING EMAS melambangkan keagungan bahwasanya Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi hanya mengagungkan 1 Tuhan.

HITAM melambangkan keteguhan bahwasanya Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi memiliki keteguhan hati dalam menentukan sikap dan prilaku

PUTIH melambangkan kesucian bahwasanya Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi menyelaraskan antara dunia dan akhirat.

HIJAU melambangkan kemakmuran bahwasanya Pasukan Strategi (PASTRA) SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap lingkungan nya

2 komentar:

Anonim mengatakan...

pa kabr ni akang, w nursan anggota pastra, w mo ngasih komentar tentang pastra bkm 2, kaya'a lam kelamaan pastra bkm 2 makin bagus ajah apalagi angkatan 3nya makin kompak n solid aja,w berharap angkatan 3nya selalu kompak dan tidak ada lagi perpecahan dan penghianat lagi cukup angkatan yang sebelumnya aja yang ngerasain kaya gitu,wat purnanya terutama kang gunawan ma kang asep semangat terus dalm mempertahankan pastra nya .oke kang ,

Anonim mengatakan...

pastra is the best deh.....
aya saLut ma pastra_
tpi aya masih bisa ikut lomba kan kang?
kan blum kLas 3 smester2,,,
hehehehehe

seru bgt kang ikt lomba.

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar